Minggu, 17 Juni 2012

Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi Wafat

Riyadh (Pinmas)—Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi, Pangeran Nayef bin Abdulzziz al-Saud, meninggal di Jenewa, Sabtu (16/6). Menurut juru bicara Kementerian Luar Negeri Saudi Osama Nogali, jenazah Nayef akan tiba di Jeddah, Arab Saudi, Ahad (17/6) dan akan dimakamkan setelah doa sore di Makkah.
“Ini berita yang mengejutkan. Kami semua tahu kesehatan dia memang lemah, tapi tetap kematian ini mengejutkan,” kata Osama. “Kami belum tahu penyebab kematian dia.”

Sementara Kantor Berita Saudi merilis pernyataan Royal Court, “Duka rakyat Saudi untuk Pangeran. Semoga Allah memberkati jiwanya dan membalas pengabdiannya untuk agama dan tanah air.”
Presiden Amerika Serikat Barack Obama merilis pernyataan belasungkawa pada Sabtu waktu setempat. “Di bawah kepemimpinannya, Amerika Serikat dan Arab Saudi mengembangkan kemitraan yang kuat dan efektif dalam memerangi terorisme, yang telah menyelamatkan nyawa rakyat Amerika dan Saudi tak terhitung jumlahnya,” kata Obama.
Pangeran Nayef merupakan menteri dalam negeri sejak 1975. Ia adalah pewaris Raja Saudi Abdullah dan diangkat sebagai putra mahkota sejak Oktober 2011 setelah kematian kakaknya, Putra Mahkota Sultan. Pangeran Nayef berada di Swiss sejak Mei untuk tes kesehatan.
Alarabiya melaporkan bahwa pangeran akan dimakamkan pada Ahad dan doa bersama akan diselenggarakan di Masjidil Haram, Makkah. Tidak seperti monarki di Eropa, garis kekuasaan tidak langsung dari ayah ke anak tertua, tetapi berdasar garis saudara yang merupakan keturunan Ibnu Saud yang meninggal pada 1953.
Nayef merupakan putra mahkota selama lebih dari tiga dekade. Ia menjalin hubungan yang baik di seluruh kawasan Arab. Ia lahir di barat kota Taif pada 1933. Kemudian, ia segera mengabdi ke publik saat menjadi Gubernur Riyadh saat usianya menginjak 20 tahun. Kakaknya, Fahd, membawanya ke kementerian dalam negeri. Saat Fahd menjadi putra mahkota, dia diangkat menjadi wakil menteri pada 1970 dan menteri lima tahun kemudian.
Sementara itu, Menteri Agama Suryadharma Ali sendiri telah menyampaikan ucapan duka dan belasungkawa, yang telah dimuat pada harian Okaz hari ini.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India